AMARAN KERAS Kepada Peminat AJINOMOTO

loading...
Pada masa sekarang, banyak sekali makanan beragam bentuk, warna dan rasa. Produsen makanan skala kecil hingga yang sudah berskala nasional berlomba-lomba menciptakan jenis dan rasa makanan yang dapat membuat pembeli tergiur untuk membeli produk mereka. Minuman dengan aneka rasa, camilan dengan sejuta rasa dan warna tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi kita sebagai konsumen. Namun tahukah anda dibalik itu semua ternyata makanan-makanan tersebut menyimpan bahaya yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita.
Makanan atau minuman yang mengusung rasa buah atau sayuran sekalipun, berdasarkan banyak penelitian yang telah ditemukan, ternyata tetap saja mengandung bahaya bagi kesehatan. Ini karena penyedap rasa yang digunakan di dalam berbagai makanan tersebut merupakan penyedap rasa buatan.
Adapun bahaya penyedap rasa jangka pendek terdapat pada makanan yaitu:

  1. Sakit kepala
  2. Keringat berlebihan
  3. Wajah terasa kaku
  4. Mati rasa, terasa kesemutan dan juga rasa terbakar di area wajah, leher, dan area lainnya.
  5. Detak jantung berdetak lebih kencang.
  6. Sakit pada bagian dada
  7. Mual
  8. Kesulitan bernafas
  9. Mudah mengantuk
  10. Efek bahaya dari penyedap rasa di atas hanya dalam jangka waktu pendek. Artinya, penyedap rasa pada makanan yang kita konsumsi secara langsung dapat membuat kita merasa mual seketika setelah dia mengkonsumsi makanan yang mengandung penyedap rasa tersebut.
  11. Bahaya Penyedap Rasa MSG


MSG sebagai salah satu dari bentuk penyedap rasa, sudah digunakan dalam kurung waktu yang berdekade – dekade. Selama kurung waktu tersebut pun, banyak laporan akan efek dari MSG sebagai penyedap rasa. Walaupun memang penggunaan MSG sendiri diperbolehkan oleh pemerintah. Efek dari penyedap rasa berupa MSG ini ini menimbulkan reaksi yang dinamakan symptom complex MSG seperti poin-poin di atas.

EFFECT PADA JANTUNG

Reaksi yang ditimbulkan penyedap rasa seperti MSG bisa berdampak pada jantung dengan gejala yang beragam. Tentu saja semua gejala tersebut merugikan bagi kesehatan kita. Gejala tersebut antara lain:

  1. Aritmia, adalah kondisi dimana jantung berdetak secara tidak normal dan tidak teratur seperti seharusnya.
  2. Fibrilasi atrium, merupakan kondisi dimana detak jantung tidak berirama atau irama detak jantung tidak normal. Umumnya pada keadaan fibrilasi atrium seorang mengalami detak jantung yang sangat cepat dan mengakibatkan aliran darah menjadi terganggu.
  3. Tachycardia, merupakan suatu kondisi dimana jantuk berdetak melebihi detak jantung normal. Bila jantung berdetak melebihi 100 kali detak per menit, maka bisa dikatakan menderita tachycardia.
  4. Merasa was-was, merupakan kondisi dimana jantung terasa sangat berat untuk berdetak atau terkadang detak jantung berdetak sangat lambat dan merasa sangat cemas.
  5. Angina, merupakan kondisi nyeri yang sangat pada dada dan nyeri tersebut menyebar ke bagian tubuh lain seperti bahu, lengan dan leher. Hal ini diakibatkan oleh kurangnya suplai darah pada jantung.
  6. Hipertensi, Penyedap rasa dapat menimbulkan kondisi tekanan darah meningkat atau menurun secara ekstrim.

  

EFFECT PADA SISTEM GASTROINTESTINAL
Reaksi yang ditimbulkan oleh penyedap rasa pada sistem gastrointestinal dapat berupa: 

  1. Diare
  2. Mual
  3. Muntah
  4. Kram perut
  5. Pendarahan pada anus
  6. Perut kembung


EFFECT PADA ORGAN GENITAL 
Organ genital yang terdampak efek dari konsumsi penyedap rasa yang berlebih mempunyai gejala sebagai berikut:

  1. Sakit kandung kemih yang terus menerus
  2. Pembengkakan prostat
  3. Pembengkakan pada vagina
  4. Bercak pada vagina
  5. Sering buang air kecil


EFFECT PADA SISTEM PERNAFASAN

Bahaya penggunaan penyedap rasa ternyata juga bisa berdampak pada sistem pernafasan. Akibat dari sistem pernafasan yang terganggu bisa menjadi fatal jika dibiarkan terus menerus. Gejala terganggunya sistem pernafasan karena diakibatkan oleh konsumsi penyedap rasa yang berlebihan yaitu:

  1. Asma
  2. Nafas pendek
  3. Sakit di dada
  4. Kaku di dada
  5. Hidung ingusan
  6. Bersin-bersin
  7. Jika kandungan di dalam penyedap rasa sudah mengenai sistem peredaran darah atau sistem pernafasan, organ-organ atau pembuluh di dalam tubuh dapat mengalami pembengkakan.



EFFECT PADA SISTEM SARAF

Efek penggunaan penyedap rasa bisa kita rasakan dampaknya pada sistem syaraf yang kurang baik. Beberapa gejalanya antara lain:

  1. Depresi
  2. Mood yang cepat berubah
  3. Marah-marah
  4. Migraine
  5. Pusing
  6. Hilang keseimbangan tubuh
  7. Cemas berlebih
  8. Disorientasi
  9. Serangan panic
  10. Hiperaktif pada anak
  11. Merasa kurang diperhatikan
  12. Lesu
  13. Selalu merasa ngantuk
  14. Insomnia


(Sumber:Halosehat) 
loading...

2 Responses to "AMARAN KERAS Kepada Peminat AJINOMOTO"

  1. bukan ajinamoto saja, termasuklah cukup rasa dan pasti sedap, juga lain2 perencah yang mengandungi perasa sysnthetic selain msg iaitu inosinate dan juga guanylate,

    ReplyDelete
  2. Goblok amat, kata2 lu ngak ada bukti yg dirujuk dari pakar. Ini hanya rekaan lu aja anjir!

    ReplyDelete